Wednesday, August 1, 2012

Resume PPAB MTI 01 Agustus 2012

            Pagi itu, kami TI-MRI 2011 dikumpulkan oleh massa MTI pukul 07.30 di GSG (Gedung Serba Guna) ITB. Pada mulanya moderator forum memeriksa peralatan standar yang harus kami kenakan sesuai dengan kontrak belajar yang ada. Terdapat sekitar 50 orang teman kami (termasuk saya) yang menerima konsekuensi akibat lupa melengkapi peralatan standar tersebut.
            Setelah apel pagi selesai kami dimobilisasi ke ruang seminar di lantai atas Gedung Teknik Industri. Saat itu Kak Muhammad Rihan Handaulah yang membawakan materi tentang “A Purpose Driven Life”. Melalui seminar singkat tersebut, saya merasa diingatkan kembali akan pentingnya memiliki arah dan tujuan yang jelas dalam hidup kita. Sebab, jika hidup kita tanpa tujuan seolah waktu akan berjalan bebas dan berlalu begitu saja dan akhirnya akan menimbulkan penyesalan. Selain itu, saya pun mendapat makna baru dalam hidup yaitu “pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar”. Jadi, bekerjalah sesuai dengan passion kita, dengan begitu semuanya akan terasa ringan, kita tidak akan merasa tertekan bahkan kita akan merasa bahagia. Mimpi saya pun diperkuat lagi yaitu untuk menjadi “Man of History”, orang yang akan terus dikenang selamanya.  Tidak hanya itu, kami pun dituntun untuk merancang planning yang baik yaitu mencakup SMART-C (Spesific, Measureable, Achieveable, Realistic, Time based and Challenging).
            Seusai seminar kami dibagi ke dalam kelompok-kelompok mentoring. Dalam kelompok tersebut kami memperdalam mengenai materi analisis SWOT pribadi kami. Bahkan setelahnya kami membuat analisis matirks lanjutan yaitu matriks TOWS. Dalam matriks ini kami menghubungkan antara keempat aspek tersebut serta menyusun strategi untuk mengatasi masalah yang ada.
            Setelah istirahat makan siang, kami menyusun ulang tujuan, visi, misi kami sesuai dengan kriteria SMART-C. Pada akhir mentoring kami menyusun Time Capsule yang berisikan time line target-target yang harus tercapai lengkap beserta tahunnya hingga tujuan & visi hidup kami tercapai.
            Kemudian, kami dimobilisasi kembali ke ruangan seminar semulai di Gedung Teknik Industri. Di sana, tim Litbang massa MTI mengevaluasi tugas buku angkatan kami dan memberikan tugas-tugas baru yaitu memposting resume harian, SWOT & strategi, melengkapi buku angkatan kami min 45 orang, membuat paper 7 tools dan tugas angakatan yaitu menyanyikan lagu daerah sambil menari.

No comments:

Post a Comment