Wednesday, August 1, 2012

Analisis SWOT Pribadi, Analisis TOWS & Strategi

Analisis SWOT Pribadi

Kekuatan / Strengths :
1.    Saya orang yang mudah menghafal.
2.    Saya cukup sistematis dan mempunyai standar yang cukup tinggi.
3.    Saya memiliki kemampuan untuk berorganisasi.
4.    Saya pernah menjadi Ketua OSIS ketika SMA.
5.    Saya meraih juara umum UN & UAS ketika lulus SMA.

Kelemahan / Weaknesses :
1.    Saya suka merasa iri hati dan minder.
2.    Saya lemah dalam membuat coding program komputer.
3.    Saya lemah dalam menghadapi stress.
4.    Saya kurang mampu menangani banyak tugas dalam waktu yang bersamaan.

Peluang / Opportunities :
1.  Saya berkesempatan kuliah di ITB yang mempunyai citra yang baik di mata masyarakat sehingga memudahkan saya mendapatkan pekerjaan yang baik.
2.   Koneksi teman-teman saya yang cukup luas, kelak akan berguna bagi kehidupan & karier saya di masa yang akan datang.
3.  Negara Indonesia yang sedang terus melakukan pembangunan ekonomi membutuhkan banyak tenaga profesional & pengusaha.
4.   Usia saya yang masih muda memungkinkan saya untuk merintis usaha.

Ancaman / Threats :
1.    Efek globalisasi yang menjadikan persaingan dunia semakin kompetitif.
2.    Semakin banyaknya SDM tidak diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan yang ada.
3.    Saingan saya dapat memanfaatkan kelemahan saya.
4.  Banyaknya perusahaan yang lebih memilih SDM yang telah mempunyai pengalaman kerja dibandingkan fresh graduate.



Analisis TOWS

Strengths + Opportunities :
a.   S poin 5 + O poin 1 : Kualitas akademis & penguasaan ilmu serta teknologi saya terjamin, sehingga peluang mendapat pekerjaan yang baik semakin terbuka.
b.   S poin 3,4 + O poin 2 : Saya mempunyai banyak teman & hubungannya berkualitas.
c.   Semua poin S + O poin 3 : Saya mempunyai peluang yang besar untuk berkarya di Indonesia.
d.  Semua poin S + O poin 5 : Saya mempunyai banyak kesempatan untuk terus meningkatkan kualitas & memperbanyak skill saya.

Weaknesses + Opportunities :
a.   W poin 1 +  O poin 1 : Saya seharusnya tidak boleh minder karena saya juga memiliki nilai plus dibandingkan orang lain, salah satunya saya dapat kuliah di ITB.
b.  W poin 2, 4 + O poin 2 : Saya dapat bekerja sama dengan teman untuk menyelesaikan tugas yang saya rasa sulit.
c.   W poin 3 + O poin 2 : Saya dapat belajar & curhat dari teman untuk menghadapi stress.
d.  Semua poin W + O poin 5 : Saya masih belum terlambat untuk memperbaiki diri dan meminimalisasi weaknesses saya.

Strengths + Threats :
a.   Semua poin S + T poin 1,2 : Saya dapat berkompetitif dengan baik dalam arus globalisasi.

Weaknesses + Threats :
a.    Semua poin W + T poin 1,2 : Saya dapat kalah dalam berkompetisi dengan SDM lainnya.
b.    Semua poin W + T poin 3 : Kompetitor saya dapat memanfaatkan kelemahan saya.


Strategi
Strategi saya dalam menghadapi Weaknesses dan Threats demi menggapai mimpi saya adalah :

  • Terus meminimalisasi weaknesses saya dengan cara mengevaluasi setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan saya.
  • Terus meningkatkan strength dan memperbanyak opportunities saya untuk menutupi weaknesses saya.
  • Sesuai dengan materi seminar tadi pagi, saya ingin memperbanyak input berkualitas saya akan pengetahuan dan ajaran hidup baik melalui membaca, mendengarkan, dan melihat.
  • Mencoba menggali & terus menemukan passion saya dalam hidup ini.
  • Bersiap siaga senantiasa, agar ketika ada chance dalam hidup saya, saya mampu memanfaatkannya.

No comments:

Post a Comment