Saturday, August 4, 2012

Resume PPAB MTI 04 Agustus 2012


                Pada pagi itu, Sabtu, 4 Agustus 2012 pukul 07.30 WIB kami semua berkumpul untuk kembali mengikuti interaksi PPAB MTI 2012 oleh massa MTI. Mulanya seperti hari-hari sebelumnya, kami diharuskan untuk menghitung jumlah kami yang hadir. Kami berhasil mengumpulkan 136 orang pada kesempatan kali ini. Kami terus diingatkan untuk mengusahakan memenuhi minimum kehadiran sesuai dengan kontrak belajar yang ada. Hari itu hanya ada sekitar 17 orang dari teman kami yang tidak hadir, yang memberitahukan ijinnya kepada Litbang. Jadi, masih terdapat 13 orang yang belum memberikan ijin ke Litbang. Namun, pada akhirnya kami berhasil mengetahui keadaan teman-teman kami yang tidak hadir.
                Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengecekkan kelengkapan standar spek kami. Saat itu terdapat kesalahpahaman mengenai spek alat ibadah, kami mengira itu hanyalah opsional. Tetapi, menurut massa MTI hanya mahasiswa yang non muslimlah yang opsional dalam membawa alat ibadah. Masalah lain yang kami adalah mengenai bekal nasi yang harus dibawa mahasiswa yang tidak berpuasa.
                Setelah selesai, kami semua dimobilisasi ke Ruang PTI di Gedung Teknik Industri lantai atas. Di sana kami mendapatkan materi mengenai urgensi berhimpun dan berkegiatan. Kami pun disadarkan kembali bahwa budaya berhimpun merupakan salah satu budaya kampus yang ada di ITB. Dengan berhimpun dan berkegiatan, akan memberikan keuntungan bagi kami sendiri dan orang lain. Keuntungan bagi diri sendiri yang utama adalah self development, di mana kami dapat meningkatkan skill kami di luar materi kuliah, seperti manajemen waktu, networking, dll. Sedangkan, manfaat bagi orang lain, “others development” didapat melalui peningkatan kepekaan kami akan orang lain.
                Kami pun mendapatkan materi mengenai kepengurusan dan struktur organisasi Keluarga Mahasiswa Teknik Industri, MTI merupakan suatu lembaga yang berbasis keluarga mahasiswa yang didirikan pada 24 Februari 1971 pk. 04.00 pagi. Adapun singkatan keluarga dalam Keluarga Mahasiswa Teknik Industri tidak ikut dicantumkan dalam singkatan MTI, karena rasa keluarga itu sendiri telah tertanam di hati mahasiswa MTI.
                Kemudian, kami semua mengikuti acara “Amazing Race” yang diselenggarakan oleh kakak-kakak MTI untuk meningkatkan pemahaman kami mengenai struktur organisasi MTI. Acara ini diikuti oleh 12 kelompok sesuai dengan kelompok mentoring. Pada akhir acara diumumkan pemenangnya.

No comments:

Post a Comment