Monday, August 13, 2012

Yang akan saya lakukan kalau diterima di MTI



             Pertama-tama, sebelum menjelaskan apa yang akan saya lakukan di MTI, ijinkan saya terlebih dahulu untuk menjelaskan tujuan dan harapan saya untuk bergabung bersama MTI. Karena, menurut saya tujuan dan harapan itulah yang kelak menjadi dasar dari semua aktivitas yang akan saya lakukan di MTI. Selain menjadi dasar, saya yakin dengan tujuan dan harapan yang jelas akan sungguh memotivasi saya dalam melakukan segala aktivitas yang direncanakan. Juga, saya berharap dengan adanya tujuan dan harapan, aktivitas-aktivitas yang saya rencanakan itu tidak kabur dan sesuai dengan apa yang saya cita-citakan.
            Tujuan dan harapan utama saya bergabung bersama MTI adalah untuk mempersiapkan diri saya agar lebih matang dan professional dalam bidang Teknik Industri. Sebab, saya merasa materi yang diajarkan di kelas saja sepertinya tidak cukup untuk membentuk saya menjadi seorang sarjana teknik industri yang matang. Terlebih materi yang diajarkan di kelas tentunya lebih berpengaruh terhadap intelektualitas saya serta pengetahuan saya akan teori teknik industri. Sedangkan, ketika saya di himpunan, saya rasa akan lebih berpengaruh terhadap pembentukan karakter & kepribadian personal saya. Hal ini tentunya yang akan lebih berguna bagi kehidupan saya baik di dunia kerja maupun kehidupan keluarga. Tujuan-tujuan dan harapan lainnya jika saya masuk MTI adalah :
  • Mempunyai networking yang luas.
Saya yakin jika saya masuk MTI dan aktif, saya akan mempunyai network yang luas baik relasi antara mahasiswa maupun dengan pihak luar seperti perusahaan-perusahaan. Bahkan, saya berharap relasi yang telah dibangun dapat terus terjalin setelah setelah selesai kuliah, yang sangat berguna baik untuk memotivasi diri maupun untuk hubungan bisnis.
  • Belajar bekerjasama dan berorganisasi.
Dengan terlibat di dalam struktur organisasi MTI saya berharap dapat meningkatkan kemampuan saya untuk bekerjasama dan berorganisasi dengan orang lain. Sebab, hal ini akan sangat berguna kelak di dunia kerja nantinya. Manusia yang individualis, mengerjakan semua tugas sendiri dan sulit bekerjasama dengan orang lain tentu akan lebih sulit diterima di dunia kerja nanti. Teamwork pastilah akan sangat penting nantinya. Selain itu, yang dimaksud dalam belajar bekerjasama juga melatih bagaimana saya dapat mendengarkan pendapat orang lain, serta bagaimana etika mengemukakan pendapat kepada forum.
  • Melatih kedisplinan.
Tentunya hal ini akan sangat berguna saat perkuliahan dan di dunia kerja kelak. Dengan mempunyai kedisplinan yang tinggi, tentulah saya pun memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu ini saya rasa sangat dibutuhkan di jurusan Teknik Industri dan kelak di dunia kerja nanti. Seseorang dengan manajemen waktu yang baik akan mampu mengerjakan banyak tugas dengan tugas yang bervariatif pula.
  • Belajar mengenal dan memahami karakter orang lain.
Ada begitu banyak tipe sifat dan karakter manusia di dunia ini. Untuk itulah saya harus mulai belajar untuk mengenal dan memahami sifat serta karakter-karakter tersebut. Sehingga, saya akan lebih siap dalam menghadapi berbagai tipe orang di masyarakat nantinya.
  • Membantu dalam hal akademis.

Saya pun berharap dengan masuk di himpunan, saya mendapatkan bimbingan dari kakak-kakak senior mengenai mata perkuliahan selama di ITB.
  • Menjaga dan meningkatkan citra MTI.
Sesuai dengan info yang saya dapatkan, MTI merupakan salah satu himpunan yang berkontribusi banyak dalam KM-ITB dan berpengabdian kepada masyarakat Indonesia. Maka, saya bertanggungjawab secara sadar untuk menjaga citra MTI itu ketika saya sudah menjadi anggota di dalamnya.

Setelah memiliki tujuan dan harapan yang jelas tentang mengapa saya bergabung dengan MTI. Saya akan menguraikan aktivitas-aktivas konkrit yang akan saya lakukan kalau diterima di MTI :

Bermula dari tujuan utama saya masuk MTI adalah mempersiapkan diri saya agar lebih matang dan professional dalam bidang Teknik Industri, maka hal yang akan saya lakukan adalah aktif di himpunan tersebut. Tanpa terlibat secara aktif, manfaat yang saya dapatkan tentulah kurang maksimal. Sampai sejauh ini, saya tertarik untuk masuk ke dalam divisi keprofesian. Sebab, menurut saya program kerja divisi ini menarik dan bersentuhan langsung dengan dunia keprofesian teknik industri seperti kunjungan pabrik dll.

Untuk menjalin networking yang luas, saya akan berusaha untuk mengenal massa himpunan. Saya pun akan mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat kekeluargaan di himpunan. Saya pun akan berusaha untuk terus menjaga tali persahabatan yang telah ada, sehingga dapat terus terjalin hingga lulus kuliah dan sampai seterusnya.

Sedangkan, untuk melatih kemampuan bekerjasama dan berorganisasi, saya akan aktif dalam kepanitian acara-acara di himpunan. Saya yakin dengan mengikuti rapat-rapat yang ada tentulah dapat mengajari saya untuk berkomunikasi yang benar dan teratur, terutama saat saya terlibat dalam suatu kepanitiaan. Pastilah dalam suatu kepanitiaan kami akan belajar untuk bekerjasama dengan baik. Saya pun akan belajar mengenai aturan-aturan dan etika mengenai keorganisasian.

Untuk meningkatkan kedisplinan, saya akan mematuhi aturan-aturan dan budaya yang ada di MTI. Baik aturan-aturan yang ada di MTI maupun arahan dari ketua himpunan, ketua panitia dll. Selain itu, saya pun akan sungguh bertanggung jawab akan tugas yang diamanahkan kepada saya, terutama dalam hal pengerjaan dan waktu pengumpulannya.

“Belajar mengenal dan memahami karakter orang lain” dapat saya pelajari seiring berjalannya waktu setiap kali saya berinteraksi dengan orang lain di himpunan. Untuk memaksimalkannya, saya harus terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di himpunan, baik acara internal maupun eksternal. Dengan mengikuti acara-acara eksternal, saya dapat mengenal karakter mahasiswa dari himpunan lain bahkan saya pun dapat mengenal karakter orang lain dari kampus berbeda serta dari masyarakat.

Ketika di himpunan saya akan aktif bertanya kepada kakak-kakak senior apabila saya mengalami kendala dalam akademis. Sebaliknya, nanti suatu saat saya pun akan membimbing adik-adik himpunan perihal masalah akademis.

Selanjutnya saya akan berusaha untuk meningkatkan citra MTI. Dengan menjaga tingkah laku saya agar sesuai dengan nilai-nilai yang ada di MTI. Untuk internal MTI sendiri, saya akan berusaha menjaga kualitas yang ada dan terus ditingkatkan. Contoh konkrit, seperti berusaha untuk mempertahankan tradisi lomba IECOM yang diadakan setiap tahunnya, program membangun desa dll.

Pada akhirnya, saya akan mengusahakan tindakan-tindakan yang membuat orang lain pun matang menjadi seorang teknik industri. Saya sungguh tertarik dalam bidang keprofesian di himpunan ini. Saya ingin menjaga kualitas hubungan antara himpunan ini dengan perusahaan-perusahaan dan alumni. Kalau memang diijinkan, saya ingin sering mengadakan kunjungan industri dengan berbagai tipe industry dan juga saya ingin mengundang para pengusaha terkenal, para alumni yang berpengalaman untuk berbagi pengalaman bersama himpunan. Tentunya hal ini akan sangat berguna bagi kita semua sebagai bekal di dunia kerja.


No comments:

Post a Comment